Kamis, 29 Desember 2011

Tips memilih Game yang Baik


Di jaman modern sekarang ini, banyak sekali kita jumpai game atau permainan baik online ( menggunakan koneksi internet) maupun offline. Dari yang beresolusi grafik tinggi hingga yang sederhana. Semua mempunyai daya tarik bagi penggemar game di seluruh dunia. Sekarang mudah sekali kita temui warnet ataupun penjual kepingan cd yang menyediakan begitu banyak game online maupun offline bagi para gamers. Namun, apakah bermain game ini mempunyai manfaat?? Atau hanya sekedar kesenangan yang didapat?? Atau justru malah merugikan bagi kita?? Untuk itu saya disini, menuliskan pendapat saya tentang bagaimana atau apa pengaruh yang ditimbulkan bila kita bermain game.
Sejatinya bagi saya, game adalah diciptakan untuk sebuah hiburan belaka yang kita gunakan untuk mengisi waktu senggang atau di saat jenuh akan rutinitas yang ada. Namun, bila kita cermat dalam memilih game yang akan kita mainkan, maka bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan suatu nilai tambah yang lebih dari sekedar mendapatkan kesenangan belaka. Ada beberapa hal yang saya sarankan untuk memilih sebuah game yang dapat memberikan manfaat lebih dari sekedar kesenangan saja.
Yang pertama, pilihlah game yang memiliki jalan cerita yang baik. Dan lebih baiknya game tersebut menggunakan bahasa asing ( selain bahasa indonesia), dengan begitu bila kita mengikuti jalannya game agar dapat mengetahui jalan cerita atau menjalankan sebuah misi dalam game. Kita mau tidak mau, akan mencari tahu arti dari bahasa asing yang digunakan dalam game tersebut.contohnya : game RPG keluaran Squaresoft yang biasanya menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama dalam game.
Dan yang kedua, pilihlah game yang bisa memacu atau memancing kerja otak kita. Dengan begitu secara tidak langsung otak kita terasah dengan sendirinya. Contohnya : game teka teki, ingat gambar atau yang semacamnya
Dan yang terakhir, jauhilah game yang berbau pornografi atau semacamnya atau yang hanya membuat kita ketagihan bermain, namun tidak ada manfaat lain yng kita dapat.
Kesimpulannya, pandai – pandailah dalam memilah milih game yang akan kita mainkan, karena dengan begitu kita tidak hanya membuang waktu kita sia – sia untuk sebuah kesenangan, namun di dalam kesenangan yang kita dapat, terdapat sebuah manfaat lebih yang kita dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar