Senin, 28 November 2011

Manajemen Amarah



Marah atau yang biasa orang katakan emosi adalah salah satu dari sekian sikap negatif manusia. Seringkali orang yang tidak mampu mengendalikan rasa marah, jatuh dalam keputusan – keputusan yang berdampak tidak baik untuk dirinya maupun orang dan lingkungan di sekitarnya. Hal ini disebabkan amarah yang tidak terkendali, merusak sistem kerja otak kita yang harusnya untuk melakukan pengambilan keputusan membutuhkan waktu yang cukup lama namun, dengan adanya amarah semuanya diambil dengan terburu buru dan gegabah sehingga hasil yang di dapat adalah negatif. Maka tidak salahnya kita belajar untuk bisa lebih menahan emosi atau amarah, agar kita dapat terhindar dari sebuah perbuatan yang sia – sia dan luar biasa merugikan. Berikut adalah tips atau cara bagaimana mengendalikan emosi atau amarah yang berlebih saat menghadapi situasi yang mau tidak mau memancing kita untuk berbuat seperti itu :

1. Usahakan untuk selalu berpikir dengan hati dan pikiran yang dingin, jangan biasakan diri kita dikuasai oleh “hawa panas” dari amarah
2. Berpikirlah kembali, “untuk apa tujuan kita marah?” “apakah penting atau tidak?”. Bisa juga dengan mengatakan kepada diri sendiri dalam hati misalkan, “ apa pentingnya yah marah buat hal – hal yang gak penting gitu?”. Atau apapun yang bisa meredakan amarah anda.
3. Berikanlah kepada diri anda beberapa waktu untuk mengistirahatkan badan dan pikiran, karena kelelahan merupakan faktor pendorong terjadinya emosi.
4. Beribadah, karena dengan mengingat Tuhan, kita bisa menenangkan hati dan pikiran.
5. Kuatkan dan tegaskan kepada diri anda, bahwa amarah adalah sebuah partikel kecil dalam diri anda, dan harusnya andalah yang menguasainya, bukan sebaliknya.

Semoga tips diatas dapat sedikit membantu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar